:::: MENU ::::


Smart Transaction Anywhere and Anytime

Jumat, 09 Desember 2016




1.      Apa itu E-Commerce ?
E-Commerce menurut Wikipedia indonesia adalah Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembalian, penjualann pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti Internet atau televise, www, atau jaringan computer lainnya.
E-Commerce di Indonesia di dominasi atas toko online dan iklan penawaran jasa. Saya ambil contoh adalah “Mask Dsain And Art” (proyek e-commerce saya.). Disini melayani berbagai pesanan produk seni dan teknologi atau bisa keduannya. Namun proyek ini belum sepenuhnya saya jalankan karena saya masih focus kepada sekolah saya. Akan tetapi saya sudah banyak menerima pesanan seperti undangan, banner dan dsain. Itupun masih dalam lingkup keluarga dan teman.
Sebenarnya e-commerce sama dengan bisnis biasa namun berbeda cara pemasaran dan pembayarannya. E-commerce dipasarkan melalui media internet dan biasanya proses pembayarannya pun juga online atau melalui bank dan ATM.

2.      Jenis-Jenis E-Commerce
Jenis-jenis e-commerce pun juga bermacam macam. Mari saya jelaskan satu persatu tentang jenis-jenis e-commerce.
a)      E-Commerce Bussines To Bussines
E-commerce Bussines to Bussines merupakan salah satu bisnis online yang dilakukan oleh seorang yang melakukan bisnis kepada seorang yang juga menjalankan bisnis yang saling berkaitan. Misalnya kerjasama antara penjual induk dan resellernya.
Jenis e-commerce ini biasanya dilakukan secara terus menerus atau bisa disebut langganan tetap karena bisnis ini akan selalu berputar dan saling menguntungkan satu sama lain.
b)     E-Commerce Bussines to Consumer
E-commerce Bussines to Consumer merupakan bisnis online yang dilakukan oleh penjual kepada pembeli. Sehingga jenis e-commerce ini tidak menghasilkan uang dari satu orang saja sebab orang tersebut mungkin tidak akan menjadi langganan atau hanya membeli saat perlu saja.
c)      E-Commerce Consumer to Consumer
E-commerce Consumer to Consumer merupakan bisnis online yang dijalankan oleh konsumen kepada konsumen. Misalnya reseller kepada konsumen lainnya dengan mengambil laba.
Jenis bisnis online yang satu ini sangatlah banyak kita jumpai dalam masyarakat dan yang paling sering saya jumpai adalah bisnis kosmetik dan produk kesehatan yang banyak ditawarkan teman saya secara online di media social.
d)     E-Commerce Consumer to Bussines
E-commerce Consumer to Bussines merupakan bisnis online yang dijanlakan oleh konsumen kepada produsen. Bisa disebut proses pesan memesan.
Konsumen akan memesan atau memberitahukan produk yang diinginnya kepada produsen, kemudian produsen akan menyediakan produk tersebut. Sistem ini biasanya digunakan dalam kegiatan bisnis penawaran jasa dsain dan seni seperti e-commerce yang saya kelola.

3.      Manfaat, Keuntungan dan Kekurangan Menjalankan E-Commerce
Saat kita menjalankan e-commerce, kita secara tidak langsung mengetahui perkembangan teknologi dengan memanfaatkan teknologi untuk hidup (technology for life) . Manfaat lainnya adalah kita bisa melakukan kontak dengan orang banyak dan bisa berintegrasi dengan masyarakat melalui media sosial. Hal ini menjadikan kita bisa saling kenal dengan orang banyak  sehingga produk kita bisa diketahui dan tersebar luas.
Selain itu dengan menjalankan E-commerce, kita bisa membantu mensukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (Smart Money Wave) Karena sistem pembayaran e-commerce malalui media online dan ATM.

Keuntungan yang kita dapatkan dengan menjalankan e-commerce adalah kita tidak perlu mendirikan sebuah kantor ataupun toko besar karena segala fasilitas dan tempat pemasaran berlangsung di dalam internet yang memiliki jangkauan yang luas.
Selain itu e-commerce juga memudahkan kita dalam melakukan promosi ke seluruh dunia melalui jaringan internet yang luas dan murah. Hal ini menjadikan kemudahan bagi calon konsumen untuk mengakses barang yang akan dibelinya melalui internet pula.

Namun, di dalam semua kelebihan tersebut, banyak terdapat kekurangan dan hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi jika kita tidak berhati-hati dalam melakukan transaksi lewat e-commerce.
Berikut merupakan beberapa kekuarangan dan hal-hal negative yang biasanya terjadi saat kita menjalankan e-commerce dan melakukan transaksi online:
a.      Penipuan (scam), hal ini banyak terjadi di Indonesia. Biasanya barang dikirim setelah uang telah ditransfer ke rekening produsen, namun setelah ditransfer biayanya barang tidak kunjung dating dan sulit dihubungi servernya,
b.      Carding, atau pemakaian kartu kredit orang lain untuk melakukan transaksi atau bisa disebut pembajakan kartu kredit.
c.       Penyebaran virus yang luas melalui website yang digunakan untuk e-commerce
4.      Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjalankan E-Commerce
a.      Perhatikan Cover
Maksudnya, perhatikan tampilan website (jikapunya) kita atau tampilan barang yang akan kita pasarkan.
b.      Perhatikan Orang
Maksudnya, perhatikan siapa yang akan menjadi konsumen kita, jangan sampai ada orang iseng yang hanya mempermainkan kita dan membuang waktu kita dengan penawarannya yang aneh-aneh.
c.       Perhatikan Kunci
Maksudnya, perhatikan keamanan akun, dan keamanan proses transaksi dengan konsumen. Jangan pernah memberikan kode atm/kredit card karena sesungguhnya tidak ada satu toko online pun yang akan meminta kode akses atm/kredit card, karna hal tersebut adalah privasi.
d.      Perhatikan Sekitar

Maksudnya, perhitungkan kemana saja kita akan memasarkan dan mempromosikan produk. Atau untuk siapa dan apa kegunaan produk kita sesuai kebutuhan pasar.

0 komentar:

Posting Komentar